Jumat, 11 September 2015

Biar sepatu kamu Tetap Awet dan Membuat Penampilan Kamu Makin Oke, Kamu Harus Rajin Rawat Sepatumu

Jangan Hanya Hobby Membeli dan Mengoleksinya Saja, Kamu juga Harus Merawat Sepatu Kamu Agar Tetap Awet dan Tahan Lama
                                                 

Jika kita bepergian, penampilan adalah hal nomor 1 yang paling diperhatikan. Hmm, Baju sudah oke, Make Up juga sudah cantik, Tapi? Sepatu kamu kok kotor dan kusam? Pasti jarang kamu bersihkan kan?
Merawat sepatu juga sangat penting agar tetap bagus dan awet. Merawat sepatu itu juga jangan sembarangan karena beda sepatu dan bahannya beda juga perawatannya. Kalau kamu masih bingung cara merawat sepatu kesayangan kamu, maka kamu wajib baca tips berikut ini.

  1. Sepatu Dengan Bahan Dasar Kulit

Wah sepatu dengan bahan dasar ini harganya mahal loh. Kalo sepatunya kotor tak terawat kan sayang. Merawat sepatu berbahan dasar kulit memang susah-susah gampang. Sepatu berbahan dasar ini sangat sensitive terhadap cuaca. Kalau sepatu kulitnya basah dan tidak cepat-cepat dikeringkan, bisa tumbuh jamur di sepatunya dan menimbulkan bercak-bercak yang bikin sepatu kamu tampak jelek. Kalau sepatu kamu dibiarkan di tempat yang terlalu kering dan terkena sinar matahari, bisa-bisa sepatu kulit kamu mengalami retak dan pecah-pecah . Oh iya, rajinlah menyemir sepatu kulit kamu agar tetap awet. Kalau sepatu kulit kamu sedang tidak digunakan, simpanlah di kotak kering dan masukkan silica gel di dalam kotak untuk mengatur kelembapannya.

  1. Sepatu Dengan Bahan Suede
Merawat sepatu dengan bahan suede memang harus sangat hati-hati apalagi kalau sepatunya terkena noda. Membersihkannya juga tidak bisa di tempat yang terkena nodanya saja, tetapi harus di seluruh bagian sepatu agar warna sepatunya tidak terlihat berbeda dengan yang lain. Kamu bisa bersihkan sepatu suede dengan sikat khusus untuk bahan suede yang lebih halus. Usahakan agar sepatu berbahan suede tidak terkena air, karena sepatu ini mudah menyerap air.
Untuk menjaga teksturmenyikatnya harus secara perlahan mengikuti serat sepatu. Saat menjemur sepatu suede, jangan langsung dibawah sinar matahari langsung. Cukup di angin-anginkan saja nanti sepatunya akan kering sendiri.

  1. Sepatu Dengan Bahan Karet
Merawat sepatu berbahan dasar karet bisa dilakukan dengan :
  1. Simpan sepatu karet kamu di tempat yang tidak terkena langsung cahaya matahari agar sepatu kamu tidak memuai.
  2. Sebelum disimpan, kamu harus membersihkan sepatu karet kamu dari noda. Gunakan lap bersih dengan berbahan dasar lembut.
  3. Jangan gunakan sepatu karet kamu untuk jalan yang terjal dan tidak rata.
  4. Saat menyimpan, sepatu karet jangan di tumpuk nanti bisa merubah bentuk sepatu itu sendiri.

  1. Sepatu Berbahan Kanvas dan Denim

Beruntunglah kalau kamu punya sepatu dengan kedua bahan ini. Soalnya sepatu dengan bahan kanvas dan denim tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan. Kalau sepatu kamu kotor dan terkena lumpur, lebih baik dibiarkan hingga kering lalu kamu pukul-pukulkan sol sepatu kamu agar lumpurnya rontok.Gunakan sikat khusus atau sikat gigi bekas lalu celupkan sikat gigi tersebut ke dalam wadah berisi air sabun. Setelah itu kamu gosokkan ke permukaan sepatu yang kotor lalu bilas dengan air bersih. Saat menjemur, jangan dilakukan di bawah sinar matahari langsung agar warna sepatu tidak cepat memudar.

Jangan lupa untuk merawat sepatu kamu. Perawatan yang baik dan sesua bisa membuat sepatu kamu awet. Semoga bermanfaat.wink

0 komentar:

Posting Komentar